Friday, May 14, 2010

Science - Hal menyenangkan dan berguna didalamnya

Dan hallo hallo :D (iseng)
Dulu pas penjurusan SMA gue bingung mau masuk IPA apa IPS.
Tadinya mau masuk IPS karena memang ya gue kuliahnya kan pengen hub. internasional (amin ya Allah), tapi...
Yah gue ga nyesel juga sih masuk ipa..
Memang udah disuruh orang tua gue kalo gue harus milih IPA.
Tapi...
Eits tunggu dulu...
Gue juga ga mau memasuki suatu bidang kalo gue ga suka.
Ya sama lah kalo gue masuk IPA.
Jujur, gue suka sama fisika, kimia, biologi dan matematika (lho? itu semuanya ya? hehe)
Tapi ya maklum, berhubung mood akan guru yang ngajar, kebencian gue akan dua mapel di IPA jadi nambah. Coba aja tebak apa aja yg gue ga suka.
Dan nyatanya adalah kalo di IPS itu gue suka sama ekonomi, sejarah (meskipun sekarang di IPA ada sejarah juga lhooooo ternyata) dan sosiologi. Gue ga begitu suka sama geografi, entah kenapa. Padahal gue tau tuh pelajaran sebenernya seru abis.

Okeee deh langsung aja ke judul.
Hal menyenangkan dan berguna yang harus kita ketahui didalam science alias IPA adalah :

1. Praktek. Okay, you will directly practice it.
Kalo lo mau tau reaksi asam-basa, silahkan ke lab kimia dengan mengambil larutan NaOH dll.
Kalo lo mau tau mana aja makanan yang termasuk lemak, protein dan lainnya, silahkan ke lab biologi untuk melakukan percobaan.
Kalo lo mau tau gaya apa aja yang bekerja pada suatu benda, silahkan ke lab fisika.
Dan intinya adalah, lo lebih bisa ngebayangin dan lebih cepat mengerti dengan praktek.

2. Penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.
Tau ngga? Kadang gue sering mikir, ah buat apa sih ngitung kapan mobil A dan B ketemu pada jarak sekian-sekian? Ah ngapain sih ngitung berapa sin90 +cos 90, ngapain sih ngitung berapa mol yang dipakai dalam reaksi.
And you have to know, sesepele apapun suatu hal yang lo pikirin atau ngga, itu semua berguna. Karena gue yakin Allah menciptakan sesuatu di bumi ini pasti berguna semua.
Okay, then what do you use if you want to wash your hands? Yap, sabun.
Sabun itu dari koloid lhooo.
Terus gimana caranya supaya lo bisa makan makanan yang baik buat tubuh? Susun makanan lo dengan meletakkan kadar yang cukup untuk kandungan karbohidrat dan zat lainnya supaya seimbang.
Pernah naik lift? Okay, FYI, lift itu pake prinsip fisika lhoo.
Contoh gambar :






Garis besarnya sih itu yang gue dapet pas masuk IPA.
Tapi yang jelas IPA gak akan bisa berdiri kalo ga ada IPS.
Saling bahu membahu lah intinya.
Dan soal anak IPA itu lebih berpotensi untuk dapet pekerjaan, lebih baik mungkin dihilangkan saja, dibuang saja ke laut kalimat itu.
Because it depends on yourself.

0 comments:

Post a Comment